Apa Saja Makanan Yang Mengandung Omega-3 Tinggi?

Omega 3 adalah jenis lemak yang diperlukan untuk menjalankan fungsi vital dan satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah melalui makanan.

Makanan yang mengandung omega 3 dan 6 membantu melawan penyakit hati berlemak dan peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung dan mata, memperkuat tulang Anda, mengurangi kolesterol dan ketegangan dan memainkan peran yang menentukan dalam perkembangan otak janin. .

Otoritas kesehatan merekomendasikan minum antara 0,25 g dan 0,5 g omega 3 sehari dan oleh karena itu saya telah menyiapkan daftar panjang yang mencakup 12 makanan terkaya di omega 3 yang ada.

1. biji Chia
Konten Omega 3:
4,9 g / ons
17,5 g / 100 g

Informasi:
Benih Chia adalah sumber serat yang sangat baik (10,6 g / oz) dan protein (4,4 g / oz) dengan kualitas ekstrim, baik nutrisi dengan efek positif dalam pengurangan berat badan.

Mereka juga kaya akan kalsium, fosfor dan magnesium, mineral penting untuk pengembangan dan perawatan tulang yang tepat.

Jika Anda hipertensi, mengambil biji chia juga akan membantu Anda mengatur tingkat stres.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang chia, kunjungi 11 sifat chia yang tidak dapat dilepaskan.

2. Makarel
Konten Omega 3:
4.1 g / sepotong
5,1 g / 100 g

Informasi:
Makarel adalah sejenis ikan berlemak biru yang biasanya dipasarkan kalengan dan acar.

Protein sangat kaya protein (14,8 g / potong) dan menyediakan 160% vitamin B12 dari vitamin B12, vitamin yang berperan dalam pembentukan sel darah merah, menjaga sistem saraf dan berfungsi dengan benar. dari otak (2).

Selain itu, juga mengandung 84% dari CDR selenium, 20% fosfor dan 16% vitamin B6, di antara nutrisi lainnya.

3. Salmon

Konten Omega 3:
4 g / fillet sedang

Informasi:
Mengonsumsi salmon 1 atau 2 kali seminggu memenuhi hampir semua kebutuhan lemak omega 3 di tubuh Anda.

Salmon adalah ikan berlemak yang kaya akan protein (39,3 g) dan mineral dan vitamin seperti selenium, vitamin B12, vitamin B3 atau vitamin B6.

Menurut beberapa penelitian, konsumsi salmon dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung, depresi dan demensia (3, 4).

Dan, jika itu tidak cukup, salmon adalah makanan yang mengurangi nafsu makan dan membuat Anda kenyang selama berjam-jam dengan sedikit kalori, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Herring
gulungan-herring

Konten Omega 3:
3,2 g / fillet
1,7 g / 100 g

Informasi:
Ikan herring adalah ikan berlemak yang dikonsumsi dengan cara yang sangat berbeda, tergantung pada negara di mana kita berada: diasap, diasamkan, mentah, difermentasi …

Sebagai ikan, ikan haring merupakan sumber protein yang baik (33 g) dan menyediakan lebih dari 7 kali CDR vitamin D dan 4 kali vitamin B12 (5).

Ini juga mengandung sejumlah besar selenium, fosfor dan vitamin B6.

5. Minyak hati ikan cod

Konten Omega 3:
2,7 g / sendok makan
0,8 g / sendok teh

Informasi:
Minyak hati ikan diperoleh, seperti namanya, dari ikan hati.

Ini adalah suplemen yang sangat manjur dalam hal asam lemak omega 3, tapi juga vitamin D dan vitamin A.

Satu sendok makan minyak hati ikan mengandung lebih dari 3 kali CDR vitamin D dan lebih dari 2 kali CDR vitamin A (6).

6. kenari
Konten Omega 3:
2,5 g / ons
9 g / cup dikupas kenari

Informasi:
Kaya protein (15,2 g) dan serat (6,7 g), kenari adalah salah satu kacang yang paling bergizi dan sehat yang ada (7).

Mereka mengandung sejumlah besar mangan, tembaga, magnesium dan fosfor dan konsumsinya telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan: mereka mencegah kanker, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan secara signifikan memperbaiki fungsi otak.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kacang-kacangan, kunjungi kacang-kacangan: buah kering yang lebih sehat dari yang Anda bayangkan.

7. Flaxseed
biji rami

Konten Omega 3:
1,6 g / sendok makan biji rami tanah
38,3 g / cangkir biji rami utuh

Informasi:
Benih kecil ini sangat kaya serat (1,9 g / sendok teh) dan protein (1,3 g / sendok teh), mangan, vitamin B1 dan magnesium (8).

Konsumsi rutin biji rami mengurangi kolesterol dan tekanan darah, mencegah masalah pencernaan dan bahkan membantu menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang biji rami, kunjungi 7 manfaat biji rami atau biji rami yang tidak dapat dilepaskan.

8. Sarden
Konten Omega 3:
1,3 g / kaleng ikan sarden dalam minyak
0,3 g / 2 sarden

Info selngkapnya di Kandunganmakanan.my.id

Read Another Post :