Apakah Perlu Memakai Kondisioner Setelah Keramas?

Apakah Perlu Memakai Kondisioner Setelah Keramas?

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut yang indah dan sehat? Pria dan wanita akan menyukainya. Rutin mencuci rambut adalah salah satu kunci. Tak hanya itu, banyak produsen produk perawatan rambut juga menganjurkan agar Anda memakai kondisioner setelah keramas. Tapi, benarkah kondisioner itu mempengaruhi kesehatan rambut?

Apakah Perlu Memakai Kondisioner Setelah Keramas?

Kondisioner adalah salah satu produk yang direkomendasikan setelah keramas. Kondisioner ini digunakan untuk melembabkan kutikula (lapisan terluar rambut), sehingga kutikula menjadi tipis kembali. Hal ini menambah kelembaban pada rambut yang bisa hilang saat memakai sampo. Selain itu, membuat rambut lebih lembut dan lembut, dan membuat rambut lebih mudah ditangani.

Seperti yang dikemukakan oleh Nick Arrojo, penulis buku “Great Hair: Secrets Looking Fabulous and Feeling Beautiful Every Day”, Anda harus menggunakan conditioner setiap kali Anda mencuci rambut, dikutip oleh WebMD.

Penggunaan kondisioner sangat diperlukan, terutama untuk rambut kering, rapuh, berwarna, atau rambut sering terkena bahan kimia atau proses styling. Dengan menggunakan kondisioner, kelembaban rambut akan dijaga agar rambut terlihat lebih indah dan sehat.

 

Bagaimana cara menggunakan kondisioner?

Sebelum menggunakan conditioner, sebaiknya baca aturan penggunaan. Banyak produk merekomendasikan menggunakan conditioner. Hal ini karena sampo biasanya membuat rambut lebih kering. Jadi, menggunakan kondisioner setelah sampo, kelembaban di rambut Anda akan kembali.

Selain itu, hindari menggunakan kondisioner hingga garis rambut. Cukup oleskan conditioner dari tangkai sampai ujung rambut. Ini cara terbaik untuk melembabkan rambut Anda di tempat Anda sangat membutuhkannya.

Selain itu, jangan terlalu banyak dalam kasus conditioner bekas, ini sebenarnya bisa membuat rambut terlihat tidak bervolume dan rata seperti itu. Sebaiknya gunakan conditioner secukupnya.

 

Kenali jenis rambut Anda

Sebelum memilih sampo dan kondisioner, Anda harus terlebih dahulu mengenali jenis rambut Anda. Berbagai jenis rambut akan berbeda jenis sampo dan kondisioner yang harus digunakan. Setiap orang memiliki berbagai jenis rambut.

Jika rambut Anda berkilau dan indah sejak lahir, Anda tidak perlu khawatir memilih shampo dan harus memakai kondisioner atau tidak. Namun, kebanyakan orang harus menjaga rambutnya agar rambutnya indah.

Seperti yang Arrojo jelaskan, ada lima jenis rambut yang membutuhkan perawatan berbeda, yaitu:

Rambut normal atau halus, cuci rambut dengan sampo dan kondisioner yang bisa meningkatkan volume rambut

Rambut keriting, pakai sampo dan kondisioner khusus untuk rambut kering untuk mencegah rambut kering dan tidak beraturan

Rambut kering, pilih shampoo yang mengandung pelembab untuk meningkatkan kelembaban rambut. Anda bisa memilih sampo yang mengandung minyak kelapa, minyak alpukat atau minyak argan. Selain itu, pilih kondisioner khusus rambut kering.

Rambut berminyak, pilih sampo khusus untuk rambut berminyak dan pilih kondisioner yang hanya berisi sedikit minyak. Jika ketombe muncul (masalah dengan rambut berminyak), pilih sampo antimikroba yang mengandung bahan seperti ketoconazole, zinc pyrithione atau selenium sulphide.

Rambut berwarna, pilih sampo dan kondisioner yang bisa melembabkan rambut dan tidak menghilangkan warna rambut Anda.

Jadi, pilih sampo dan kondisioner yang tepat untuk jenis rambut Anda. Hal ini membuat sampo dan kondisioner lebih efektif pada rambut Anda dan memberi Anda hasil sempurna.

Read Another Post :