Cara Melakukan Jogging Yang Benar

Cara Melakukan Jogging Yang Benar

Cara Melakukan Jogging Yang BenarOlahraga jogging termasuk dalam olahraga yang sering dilakukan. Ini karena jogging adalah olahraga murah serta mudah. Kita bisa melakukannya tiap pagi dengan rute keliling kompleks rumah atau menuju gedung olahraga serta taman umum. Jogging terutama akan dapat membakar lemak, membentuk tubuh dan menguatkan jantung. Untuk mendapat semua manfaat dari olahraga ini, penting untuk melakukannya dengan cara yang benar. Jogging biasanya akan diawali dengan pemanasan. Pemanasan ini bertujuan agar dapat meningkatkan denyut jantung secara perlahan. Lakukan pemanasan dengan cara jalan cepat selama beberapa menit. Setelah selesai melakukan pemanasan, saatnya memperhatikan postur tubuh yang benar saat melakukan jogging.

 

Yang pertama adalah posisi kepala. Kepala harus terus ditegakkan saat berlari, tidak mendongak ataupun menunduk. Posisi kepala yang menunduk akan menghambat masuknya udara menuju saluran pernafasan. Hal ini akan dapat menyebabkan kita merasa cepat lelah Kemudian, posisi lengan yang benar ialah siku harus ditekuk hingga 90 derajat lalu diayungkan ke depan dan belakang. Ayunan lengan ini mengikuti irama kaki serta sejajar pinggang. Gerakan lengan ini akan berfungsi dalam menyeimbangkan tubuh supaya tidak terjatuh. Berikutnya adalah posisi tangan, yang menggenggam santai, tidak dilepas ataupun ditekuk. Hindari mengepalkan telapak tangan dengan terlalu kencang karena akan membuat otot tegang dan mengganggu kenyamanan saat jogging.

 

Selanjutnya ialah posisi perut. Yang benar adalah menarik otot perut ke bagian dalam. Tahan posisi itu selama berlari. Perut akan tampak membuncit perlahan-lahan serta menjadi ramping. Terakhir adalah posisi kaki. Usahakan bagian depan kaki mendarat ke tanah terlebih dulu, bukan tengah kaki atau tumit. Posisi kaki yang menyentuh tanah ini akan mempengaruhi kinerja serta efisiensi, sehingga kita tidak akan merasa cepat lelah saat berolahraga jogging. Saat berlahraga, jangan khawatir dengan kecepatan kita. Jangan paksa diri sendiri untuk berlari dengan kecepatan yang terlalu tinggi. Yang terpenting dari olahraga ini ialah pernapasan. Apabila napas mulai terasa berat, maka kurangi kecepatan lari.

 

Pengaturan pernapasan yang kerap dilakukan saat olahraga jogging adalah dua langkah tarik napas menggunakan hidung, lalu dua langkah kemudian buang napas menggunakan mulut. Ini penting dipraktekkan agar dapat mencegah nyeri pada perut. Jogging juga dapat dilakukan dengan cara berlari-berjalan. Berlari terus menerus mungin akan terasa berat bagi sebagian orang. Kita dapat mengistirahatkan tubuh sejenak selama berjalan, sehingga kita dapat mengumpulkan cukup tenaga dalam melanjutkan jogging kembali. Hal ini karena kegiatan jogging dimaksudkan agar kita bisa membuat tubuh semakin bugar serta sehat. Demikian adalah cara berolahraga jogging yang tepat dan benar. Kita bisa rutin melakukan jogging tiap pagi untuk mendapat tubuh yang sehat, segar serta berat badan ideal.

Read Another Post :