Mempelajari Teknik Terapung Untuk Perenang Pemula

Mempelajari Teknik Terapung Untuk Perenang Pemula

Salah satu latihan dasar dalam berenang adalah menguasai teknik terapung. Posisi terapung ini tidak hanya dapat dilakukan dalam satu sikap saja, namun ada banyak posisi yang bisa dilakukan agar tubuh dapat terapung di atas permukaan air. Sikap ini umumnya mudah untuk dilakukan. Di darat maupun di udara, seseorang akan dapat memutar atau membalik tubuhnya menggunakan pusat titik berat. Di dalam air, bagian dada adalah titik apungnya. Pusat titik berat dari tubuh seseorang adalah saat memakai sikap telentang secara horizontal. Kedua tangan ada di samping tubuh sehingga keseluruhan titik berat ada di pinggul.

 

Seseorang yang ada di sikap telentang horizontal, titik beratnya ada di bagian atas dari segmen tubuh serta secara individu akan menarik ke bagian bawahnya. Daya apung air nantinya akan mendorong tiap segmen horizontal. Beberapa segmen tubuh mungkin dapat terapung lebih dibanding beberapa bagian lainnya. Misalnya adalah tangan yang bisa terapung secara mudah. Lain lagi dengan kaki yang lebih berat sehingga susah mengapung. Bagian dada juga dapat terapung ke atas karena udara dalam paru-paru digunakan di daerah dada sehingga struktur otot menjadi lebih ringan dibanding tubuh kita. Gerak apung yang kurang dapat terajdi saat pusat titik apung meluruskan langsung di atas pusat titik berat kita.

 

Seseorang secara rata-rata bisa membentuk dua pusat, yaitu saat meluruskan tubuh di posisi yang sedikit paralel dengan permukaan air. Rata-rata seseorang akan banyak memiliki lokasi berat di tubuhnya. Misalnya adalah di kepala, paha, kaki serta bahu. Kekuatan titik berat tarihan paha dapat menjadi pusat titik berat serta kaki ke arah bawah. Sedangkan kekuatan apung yang berasal dari gerakan air pada saat menekan ke atas di bagian dada disebut pusat titik apung. Ini adalah lawan dari kekuatan yang akan menyebabkan tubuh dapat bereaksi seperti halnya orang yang berjalan dengan cara menjaga keseimbangan tubuhnya. Pusat titik berat yang berada di rongga tulang panggul akan dapat berputar di bawah pusat titik apung pada dada, sehingga seseorang akan tetap terapung walaupun tidak bergerak.

 

Teknik mengapung bisa dilakukan secara telentang atau lurus vertikal. Mengapung secara telentang dilakukan dengan menarik badan ke arah belakang sampai telinga terendam dalam air. Renggangkan kedua tangan lalu bentuk menjadi siku-siku. Pergelanagan tangan harus tetap lurus serta rileks. Tekankan telapak tangan secara bersamaan atau bergantian menuju bawah tubuh agar tetap dapat melayang pada permukaan air. Gerakan kaki bisa dibentuk seperti huruf V dan gerakannya sama persis seperti gerakan tangan. Demikian adalah teknik mengapung yang wajib dipahami oleh para perenang pemula. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat.

Read Another Post :